Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985

Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985
Peraturan Baris Berbaris adalah suatu wujud latihan secara fisik, yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. pribadi yang pada hakikatnya tidak lain daripada keikhlasan penyisihan pilihan hati sendiri. Melalui peraturan baris berbaris yang biasa disebut PBB jiwa seorang yang terlatih dalam PBB akan lebih disiplin, mampu bekerja sama dengan baik dan berkembangnya sikap saling menghargai antar sesama. melalui artikel Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985 kami menginformasikan tentang apa saja yang bisa dijadikan acuan dan bagaimana agar Peraturan Baris Berbaris dilaksanakan sebagaimana mestinya baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.
Saat ini beberapa orang menggunakan aturan berbaris berdasarkan dokumen yang ada sebelumnya, atau hanya dengan ilmu mendengar. Sehingga sering kali ditemukan kesalahan-kesalahan akibat ketidaktahuan atau tidak berusaha mencari dasar PBB itu sendiri.
Peraturan Baris Berbaris sendiri mengacu kepada Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985.  Sampai saat ini aturan inilah yang digunakan dalam hal PBB.
Dalam Baris berbaris ada penghormatan yang bermakna wujud penghormatan kepada orang lain atas dasar tata susila yang sesuai dengan kepribadian Indonesia.
Dua macam penghormatan yakni penghormatan biasa dan penghormatan kebesaran
Atasan yang lebih tinggi diberikan penghormatan biasa, sedangkan penghormatan kebesaran dilakukan kepada Jenazah Militer, Bendera Merah Putih dalam upacara kebangsaan, Presiden/ Wakil presiden dan Lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam upacara resmi.
Aba-aba dalam Peraturan Baris Berbaris ada 3 macam yakni ; Aba-aba petunjuk, aba-aba peringatan dan aba-aba pelaksanaan.
Contoh aba-aba petunjuk dipergunakan jika perlu untuk menegaskan maksud dari aba-aba peringatan/ aba-aba pelaksanaan Contoh :
Untuk Perhatian (aba-aba petunjuk) Siap Grak
Kepada Pemimpin (aba-aba petunjuk) Upacara Hormat Grak
Aba-aba peringatan seperti contoh di bawah ini yakni :
Hadap Kiri
hadap Kanan
Hadap serong kiri
Hadap serong kanan
DLL
Aba-aba pelaksanaan ada 3 macam yakni :
Grak, Jalan, dan Mulai

Selanjutnya dalam file yang kami bagikan ini aturan tentang gerakan perseorangan, bagaimana posisi dalam setiap aba-aba maupun keadaan tubuh saat melaksanakan aba-aba juga dijelaskan secara rinci.
Begitu pula dengan perubahan arah dalam PBB, gerakan berjalan dijelaskan posisi keadaan tubuh dan bagaimana mengatur agar terjadi ketertiban dan keseimbangan dalam setiap gerakan yang dilaksanakan. 
Untuk lebih jelasnya silahkan unduh file yang kami bagikan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985 di bawah ini :

Download Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985

Jika kesulitan mengunduh file yang kami bagikan ini harap kawan-kawan menyempatkan waktu untuk membaca artikel kami tentang cara download file di perangkatsekolah.net

Demikian artikel tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985 dari perangkatsekolah.net

Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Baris Berbaris (PBB) Sesuai Dengan Skep Pangab Nomor : Skep/611/N85 tanggal 8 Oktober 1985"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel